Program CSR ExxonMobil
Women’s Economic Opportunity Initiative

ExxonMobil meluncurkan Women’s Economic Opportunity Initative guna membantu mengurangi rintangan-rintangan yang menghalangi para anak perempuan untuk belajar dan membekali para perempuan untuk menjadi pemimpin dalam komunitas mereka.

Di Indonesia program-program tersebut telah diimplementasikan bersama dengan mitra-mitra ExxonMobil melalui berbagai macam program. Pada proyek awal, ExxonMobil bekerja sama dengan Garis Tepi, sebuah lembaga swadaya masyarakat lokal, guna memperbarui pusat pelatihan di Kabupaten Bojonegoro dan mengadakan pelatihan komputer dan pelajaran bahasa Inggris bagi perempuan.

Untuk memperbaiki posisi perempuan, ExxonMobil bekerja sama dengan PAKTA, Yayasan Dana Bhakti Astra untuk meningkatkan kapasitas keuangan perempuan dan perkembangan ekonomi di Aceh Utara dan LP2M di wilayah Bojonegoro.

Proyek lain dengan JHPIEGO —sebuah organisasi internasional, afiliasi dari universitas Johns Hopkins— dirancang untuk memperbaiki kapasitas sekolah perawat untuk memastikan layanan kesehatan berkualitas tinggi bagi para perempuan dan keluarga di Aceh Utara.

ExxonMobil juga mendukung perlengkapan dan fasilitas perawat untuk 27 lokasi klinik. Pada 2007-2008 membangun 40 “Desa Siaga” untuk memastikan kesiapan masyarakat terhadap akses layanan perawat untuk menjamin keselamatan kehamilan, kelahiran, dan perawatan bayi baru.

Pada tahun 2009, ExxonMobil mendukung Yayasan Indonesia Lebih Baik dalam mengadakan pelatihan tentang pembentukan kapasitas perempuan. Pelatihan ini akan difokuskan pada manajemen, kepemimpinan dan cara-cara memperbaiki organisasi. Ada 20 perempuan yang akan ditingkatkan kemampuannya dalam pelatihan ini.

Dalam program lain, sejak 2005 – saat ini, ExxonMobil memilih perempuan-perempuan (staf Indonesia yang bekerja pada lembaga swadaya masyarakat) untuk berpartisipasi dalam pelatihan Global Women in Management (yang diadakan setiap tahun oleh Centre for Development and Population Activities/ CEDPA). ExxonMobil di Indonesia memilih dua peserta setiap tahun, jadi hingga 2008 ExxonMobil telah memberangkatkan 12 peserta untuk berpartisipasi dalam pelatihan itu. Pada bulan Oktober 2010, Indonesia menjadi tuan rumah bagi pelatihan yang ke 53.

Analisis :
Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR) adalah suatu konsep bahwa organisasi, khususnya (namun bukan hanya) perusahaan adalah memiliki suatu tanggung jawab terhadap konsumen, karyawan, pemegang saham, komunitas dan lingkungan dalam segala aspek operasional perusahaan. CSR berhubungan erat dengan “pembangunan berkelanjutan”, di mana ada argumentasi bahwa suatu perusahaan dalam melaksanakan aktivitasnya harus mendasarkan keputusannya tidak semata berdasarkan faktor keuangan, misalnya keuntungan atau deviden melainkan juga harus berdasarkan konsekuensi sosial dan lingkungan untuk saat ini maupun untuk jangka panjang.

Program CSR yang dilakukan oleh banyak perusahaan bertujuan untuk memperlihatkan atau menunjukkan bahwa suatu perusahaan tidak hanya fokus ke arah bisnis tapi juga peduli dengan lingkungan dan sosial di mana perusahaan tersebut beroperasi. Program CSR yang efektif didukung oleh program yang dibuat oleh suatu perusahaan benar-benar merupakan komitmen bersama dari segenap unsur yang ada di dalam perusahaan itu sendiri. Tentunya tanpa adanya komitmen dan dukungan dengan penuh antusias dari karyawan akan menjadikan program-program tersebut bagaikan program penebusan dosa dari pemegang saham belaka. Dengan melibatkan karyawan secara intensif, maka nilai dari program-program tersebut akan memberikan arti tersendiri yang sangat besar bagi perusahaan.

Melakukan program CSR yang berkelanjutan akan memberikan dampak positif dan manfaat yang lebih besar baik kepada perusahaan itu sendiri maupun para stakeholder yang terkait.   Memang pada saat ini di Indonesia, praktek CSR belum menjadi suatu keharusan yang umum, namun dalam abad informasi dan teknologi serta adanya desakan globalisasi, maka tuntutan terhadap perusahaan untuk menjalankan CSR akan semakin besar. Tidak menutup kemungkinan bahwa CSR menjadi kewajiban baru standar bisnis yang harus dipenuhi.

Pada saat ini telah banyak perusahaan di Indonesia, khususnya perusahaan besar yang telah melakukan berbagai bentuk kegiatan CSR. Program CSR yang banyak dilakukan oleh perusahaan terdiri dari berbagai jenis, apakah itu dalam bentuk community development, charity, atau kegiatan-kegiatan philanthropy. Program CSR yang dilakukan perusahaan minyak asal AS, ExxonMobil merupakan program CSR dalam bentuk community development, Kegiatan yang dilakukan dalam bentuk community development dapat bermacam-macam. Tergantung dari kemampuan yang sekiranya perlu diterapkan pada suatu komunitas. Seperti pada program Women’s Economic Opportunity Initative, ExxonMobil bersama lembaga SDM terkait memberikan program pelatihan komputer dan pelajaran bahasa Inggris bagi perempuan serta pelatihan tentang pembentukan kapasitas perempuan. Program CSR dengan bentuk community development ini bertujuan agar suatu komunitas yang menjadi sasaran program ini dapat meningkatkan kemampuan SDM-nya sehingga dapat menjadi bekal untuk menjadi pemimpin dari komunitasnya. Sesuai dengan slogan emansipasi wanita yang makin galak dicanangkan.

Sedangkan manfaat program CSR ini bagi perusahaan adalah diharapkan terjadi kemitraan yang kuat antara masyarakat dan ExxonMobil sehingga kegiatan yang dilakukan mendapat dukungan dari masyarakat.

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Tanggung_jawab_sosial_perusahaan
http://businessenvironment.wordpress.com/2007/03/01/program-corporate-social-responsibility-yang-berkelanjutan/
http://exxonmobil.co.id/