BAB 3

HASIL DAN PEMBAHASAN

 

Hasil analisis regresi linier berganda

Untuk mengetahui pengaruh faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi secara bersama-sama terhadap perilaku konsumen pembelian notebook, digunakan analisis kuantitatif dengan metode regresi linier berganda, dan hasilnya dapat dilihat sebagai berikut :

Hasil persamaan regresi linier berganda :

Y = 0.79137 + 0.07206X1 + 0.15525X2 + 0.08271X3 + 0.09533X4 + 0.10766X5

Berdasarkan tabel di atas, faktor penampilan, spesifikasi produk, harga, keluarga, dan promosi mempunyai pengaruh yang positif terhadap perilaku konsumen dalam pembelian notebook. Hubungan positif ini menunjukkan bahwa faktor penampilan, spesifikasi produk, harga, keluarga, dan promosi berubah searah dengan perubahan perilaku konsumen.

Pengujian Uji T

Berdasarkan perhitungan analisis yang menggunakan software R-Command, didapat hasil beberapa  variabel tidak bebas (X) yaitu penampilan, sosial, promosi mempunyai nilai > 0.05, maka Ho diterima dan Ha ditolak. Berarti variabel bebas tersebut tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian notebook. Sedangkan variabel harga dan spesifikasi produk mempunyai nilai < 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berarti variabel bebas tersebut mempunyai pengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen dalam pembelian notebook.

Pengujian Uji F

Berdasarkan perhitungan analisis yang menggunakan software R-Command, didapat hasil P-Value sebesar 0,9487. Nilai P-Value > 0.05 yang berarti Ho diterima. Artinya variabel bebas tidak berpengaruh secara bersama-sama terhadap  variabel tidak bebas.

Pembahasan

  1. Keseluruhan variabel bebas (penampilan, dorongan sosial, harga, promosi, spesifikasi) secara keseluruhan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen pembelian notebook.
  2. Pengaruh faktor penampilan (X1) terhadap perilaku konsumen . Faktor penampilan memiliki nilai 0.785 dan berada di atas tingkat signifikan. Dan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen.
  3. Pengaruh faktor spesifikasi (X2) terhadap perilaku konsumen . Faktor spesifikasi  memiliki nilai 0.0450 dan berada di bawah tingkat signifikan. Berarti mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen.
  4. Pengaruh faktor harga (X3) terhadap perilaku konsumen . Faktor harga memiliki nilai 0.0479 dan berada di bawah tingkat signifikan. Berarti mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen. Dan merupakan faktor yang dominan dalam keputusan membeli notebook.
  5. Pengaruh faktor dorongan sosial (X4) terhadap perilaku konsumen . Faktor dorongan sosial memiliki nilai 0.704 dan berada di atas tingkat signifikan. Dan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen.
  6. Pengaruh faktor promosi (X5) terhadap perilaku konsumen . Faktor penampilan memiliki nilai 0.706 dan berada di atas tingkat signifikan. Dan tidak mempunyai pengaruh terhadap perilaku konsumen.