Tema / Topik

Perilaku Konsumen

Judul, Pengarang, Tahun

DAMPAK yang DIRASAKAN dari NILAI MEREK PERUSAHAAN TERHADAP PREFERENSI MEREK: SEBUAH STUDI EKSPLORASI EMPIRIS yang dibuat oleh Sandor Czellar and Guido Palazzo pada Januari 2004.

Latar Belakang & Masalah

Corporate Branding adalah salah satu strategi perusahaan agar dapat menguasai pangsa pasar dengan lebih mengandalkan citra atau merek dari produk perusahaan tersebut. Lebih mengenalkan perusahaan tersebut ke masyarakat. Hal itu juga yang mendasari masyarakat dalam memilih suatu produk. Tujuan umum dari corporate branding adalah membangun suatu ikatan yang berkelanjutan antara merek perusahaan dan pelanggan melalui proposisi nilai yang jelas (Schultz dan de Chernatony, 2002).  Masyarakat akan cenderung lebih memilih produk yang sudah lekat atau terkenal di telinga masyarakat. Yang menjadi pertanyaan adalah apakah masyarakat hanya mempertimbangkan merek dari suatu produk tanpa mempertimbangkan hal yang lain.

Tujuan Penelitian

Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen dalam memilih produk.

Metodologi Penelitian

  • Variabel :

Variabel tergantung (Y) adalah perilaku konsumen dalam memilih produk.

Variabel bebas (X) adalah variabel-variabel yang mempengaruhi  perilaku konsumen dalam memilih produk meliputi: (1) Daya tarik dari merek suatu perusahaan, (2) pandangan seseorang, (3) materialisme.

  • Data:

Data primer adalah data yang diperoleh dengan memberikan kuisioner berisi pertanyaan kepada 55 responden

  • Tahapan penelitian

(1) uji Validitas dan Reliabelitas menggunakan Cronbach.

  • Model Penelitian

Model analisis yang digunakan adalah model matematis yaitu model regresi linier berganda yaitu: Y = B0 + B1X1 + B2X2 + B3X3 + B4X4 + e

Keterangan :

Y = perilaku konsumen; B0 = intersep; B1 s.d B6 = koefisien regresi yang akan dihitung;

X1 = daya tarik merek; X2 = pandangan seseorang; X3 = materialisme; X4 = Kebutuhan dan

e = variabel pengganggu.

Hasil dan Kesimpulan

Dari pengolahan dan analisis data, analisis dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

Skala reliabilitas menggunakan Cronbach adalah sebagai berikut: Kebutuhan (0,680), nilai merek (0,934), self-monitoring (0,670), materialisme (0,846). Pemilihan masyarakat akan suatu produk ternyata lebih banyak dipengaruhi oleh nilai merek atau daya tarik suatu merek.

Saran dan usulan lanjutan

Sehubungan penelitian ini hanya memperhatikan empat faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pemilihan produk, maka sangat perlu dilaksanakan penelitian lebih lanjut untuk melibatkan lebih banyak faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan produk, sehingga dapat diketahui efektivitas faktor-faktor tersebut terhadap perilaku konsumen.