ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN NOTEBOOK

BAB 1

PENDAHULUAN

I.1        Latar Belakang

Seiring dengan makin pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini, penggunaan komputer dalam kehidupan sehari-hari semakin penting. Komputer saat ini bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat. Pengguna komputer kini makin berkembang. Tidak hanya orang dewasa namun pelajar dan anak-anak sudah paham dengan pemakaian komputer.

Trend yang berkembang saat ini adalah komputer jinjing atau yang lebih dikenal sebagai notebook atau laptop. Dengan adanya notebook, masyarakat dapat lebih simpel menggunakan komputer di luar rumah atau kantor. Notebook membantu masyarakat yang mengharuskan bekerja dengan komputer namun dengan tingkat mobilitas yang tinggi.

Dengan makin tingginya frekuensi permintaan dan penggunaan notebook oleh masyarakat, banyak produsen komputer memanfaatkan peluang untuk memproduksi notebook, dengan berbagai macam merek dan spesifikasi. Merek-merek notebook yang sudah awam di telinga masyarakat seperti HP, DELL, Asus, Acer, Lenovo, Toshiba, Axioo, MSI, Apple, dan masih banyak lagi.

Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kebutuhan masyarakat, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam pembelian laptop. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk. Untuk itu produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk.

Dalam melakukan pembelian, konsumen tidak terlepas dari karakteristik produk baik mengenai penampilan, spesifikasi, dan harga dari produk tersebut. Selain itu, faktor sosial juga berperan penting. Faktor sosial dalam hal ini adalah dorongan teman atau keluarga. Faktor promosi perusahaan juga berperan penting

I.2        Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang dirumuskan masalah sebagai berikut :

  1. Mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  terhadap keputusan untuk membeli produk notebook.
  2. Mengetahui diantara faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli notebook.

I.3        Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian adalah :

  1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  terhadap keputusan untuk membeli notebook.
  2. Mengetahui diantara faktor penampilan, spesifikasi, harga, dorongan sosial, dan promosi  yang berpengaruh paling dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli produk notebook.

I.4        Manfaat Penelitian

  1. Sebagai bahan masukan bagi produsen notebook dalam menetukan kebijakan dan strategi pasar.
  2. Dapat memperluas pengetahuan peneliti dalam bidang pemasaran  khususnya perilaku konsumen dalam keputusan membeli.
  3. Sebagai referensi bagi peneliti selanjutnya yang akan melakukan penelitian pemasaran di masa yang akan datang.

I.5        Kerangka Berpikir

Persaingan industri yang makin ketat dalam meraih pangsa pasar dengan makin banyaknya produk atau merek baru di pasaran. Sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan dalam memilih suatu produk atau barang. Konsumen dalam keputusan untuk memilih suatu produk tentunya didasari oleh berbagai macam pertimbangan. Baik itu dilihat dari sisi produk dalam hal ini spesifikasi produk, tampilan atau harga, promosi dari produk itu sendiri, atau dari lingkungan sosial yaitu dorongan keluarga atau teman.


Kerangka berpikir