REVIEW JURNAL 1

Tema / Topik

Perilaku Konsumen

Judul, Pengarang, Tahun

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN AIR MINUM MINERAL DI KOTAMADYA SURABAYA yang dibuat oleh Ritawati Tedjakusuma, Sri Hartini, Muryani pada tahun 2001

Latar Belakang & Masalah

Perkembangan industri di kota Surabaya yang pesat tidak hanya membawa dampak positif tapi juga membawa dampak negatif. Yaitu masalah polusi. Baik itu masalah polusi udara, tanah, dan air. Mengenai masalah air, pemerintah melalui PDAM berusaha menyediakan dan memenuhi kebutuhan air minum yang sehat dan bebas polusi. Namun, masyarakat masih meragukan kesehatan dari air yang disediakan PDAM. Melihat kondisi ini, banyak perusahaan yang berusaha memanfaatkan peluang untuk memproduksi air minum yang benar-benar bersih, bebas polusi dan menyehatkan dalam bentuk gelas, botol dan galon, dengan menggunakan merk seperti Aqua, Club, Total, Ades, Aquase, Prima dan Cheer. Dari kondisi tersebut di atas, dan semakin tingginya tingkat pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, maka membawa pengaruh terhadap perilaku konsumen dalam mengkonsumsi air mineral. Di samping itu konsumen memiliki kebebasan dalam memilih produk.

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi masyarakat dalam memilih produk air mineral kemasan.
  2. Untuk mengetahui faktor paling dominan dalam keputusan memilih produk air mineral.

Metodologi Penelitian

  • Variabel :

Variabel tergantung (Y) adalah perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral.

Variabel bebas (X) adalah variabel-variabel yang mempengaruhi perilaku konsumen meliputi: (1) Faktor pendidikan, (2) penghasilan, (3) harga, (4) kualitas, (5) distribusi, dan (6) Promosi.

  • Data:

Data primer adalah data yang diperoleh dengan mengadakan wawancara langsung dengan responden berdasarkan daftar pertanyaan

Data sekunder adalah data yang diperoleh dari Kantor Statistik Jatim.

  • Tahapan penelitian

(1) uji Validitas dan Reliabelitas, (2) uji Normalitas, (3) Korelasi dan (4) uji Chi Square.

  • Model Penelitian

Model analisis yang digunakan adalah model matematis yaitu model regresi linier berganda yaitu: Y = B0 + B1X1 + B2X2 + B3X3 + B4X4 + B5X5 + B6X6 + e

Keterangan :

Y = perilaku konsumen; B0 = intersep; B1 s.d B6 = koefisien regresi yang akan dihitung; X1 = pendidikan; X2 penghasilan; X3 = harga; X4 = kualitas; X5 = distribusi; X6 = promosi dan e = variabel pengganggu.

Hasil dan Kesimpulan

Dari pengolahan dan analisis data, analisis dan pembahasan hasil penelitian, maka dapat ditarik beberapa kesimpulan sebagai berikut:

  1. Bahwa perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral dipengaruhi secara bersama-sama dan bermakna oleh faktor pendidikan, penghasilan, harga, kualitas, distribusi dan promosi
  2. Harga mempunyai pengaruh dominan terhadap perilaku konsumen air minum mineral

Saran dan usulan lanjutan

Sehubungan penelitian ini hanya memperhatikan enam faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam pembelian air minum mineral, maka sangat perlu dilaksanakan penelitian lebih lanjut untuk melibatkan lebih banyak faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian air minum mineral, sehingga dapat diketahui efektivitas faktor-faktor tersebut terhadap perilaku konsumen.