REVIEW JURNAL 2

Tema / Topik

Perilaku Konsumen

Judul, Pengarang, Tahun

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMEN DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MIE INSTAN MEREK INDOMIE yang dibuat oleh Novel Haliana pada tahun 2007

Latar Belakang & Masalah

Mie instan sebagaimana diketahui merupakan makanan cepat saji favotir masyarakat Indonesia. Itu disebabkan antara lain karena murah, penyajiannya mudah, dan mengenyangkan. Dengan semakin banyaknya produk mie instan yang ada di pasaran berarti memberikan keleluasaan bagi konsumen untuk memilih merek yang sesuai dengan keinginannya. Untuk saat ini sudah banyak varian rasa yang telah tersedia di pasar untuk memenuhi kebutuhan para pecinta mie instan tersebut. Masing-masing produsen mempunyai produk unggulan yang digemari oleh setiap konsumen mereka. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen diantaranya adalah faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis.

Tujuan Penelitian

  1. Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh perilaku konsumen yang terdiri dari faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologis terhadap keputusan untuk membeli Produk Mie Instan Merek Indomie.
  2. Untuk mengetahui diantara faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen untuk membeli Produk Mie Instan Merek Indomie.

Metodologi Penelitian

  • Variabel :

Variabel terikat (Y) adalah adalah keputusan pembelian produk.

Variabel bebas (X) terdiri dari faktor kebudayaan (pengalaman anggota keluarga, mengikuti teman dan gaya hidup), sosial(lingkungan, wilayah geografis dan kelas sosial), pribadi

(kebiasaan, uang saku dan situasi ekonomi) dan psikologis (dengan motivasi, persepsi dan pengetahuan).

  • Data:

Data yang diambil adalah data primer, yaitu data yang diambil dari jawaban kuesioner yang diisi oleh masing-masing responden. Yaitu mahasiswa Gunadarma dari kelas 4EA01 hingga 4EA07 sebanyak 375 mahasiswa.

  • Tahapan penelitian

(1) uji Validitas dan Reliabelitas, (2) uji Normalitas, (3) Korelasi dan (4) uji Chi Square.

  • Model Penelitian

Model analisis yang digunakan adalah model matematis yaitu model regresi linier berganda yaitu: Y = B0 + B1X1 + B2X2 + B3X3 + B4X4 + e

Keterangan :

Y = keputusan membeli; B0 = intersep; B1 s.d B6 = koefisien regresi yang akan dihitung; X1 = faktor budaya; X2 = sosial; X3 = pribadi; X4 = psikologis; dan e = term of error.

Hasil dan Kesimpulan

  1. Dari seluruh variabel bebas (budaya, sosial, pribadi dan psikologis) secara keseluruhan dapat berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian yang akan diambil oleh konsumen dalam pembelian Mie Instan Merek Indomie.
  2. Variabel budaya menjadi faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi keputusan membeli produk Indomie

Saran dan usulan lanjutan

Disarankan agar pada penelitian berikutnya bisa ditambahkan beberapa indikator pada setiap variabel yang ada dengan penggunaan software yang berbeda.