REVIEW JURNAL 3

Tema / Topik

Perilaku Konsumen

Judul, Pengarang, Tahun

KARAKTERISTIK DAN PERILAKU KONSUMEN PENGGUNA TEKNOLOGI GSM DAN CDMA dibuat oleh Sherly Indah Susanty dan Budi Hermana tahun 2004

Latar Belakang & Masalah

Telepon genggam saat ini menjadi kebutuhan primer masyarakat. Jumlah telepon genggam saat ini hampir mendekati jumlah masyarakat. Dengan jumlah telepon genggam yang sangat banyak inilah para penyedia jasa telekomunikasi berlomba-lomba untuk mendapatkan dan menguasai pasar. Saat ini pasar telekomunikasi dikuasai oleh operator telekomunikasi GSM dan CDMA. Kedua operator tersebut berlomba-lomba mendapatkan pasar dengan keunggulan masing-masing.  Masing-masing operator memiliki keunggulan dan kelemahan. Pertanyaanya adalah apakah pemilihan operator mempengaruhi karakteristik konsumen dan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan operator.

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis karakteristik konsumen dan faktor yang mempengaruhi konsumen dalam pemilihan operator.

Metodologi Penelitian

  • Variabel

Frekuensi penggunaan telepon, SMS/MMS, akses internet, kamera, transfer data, pemutar media, video streaming dan permainan.

  • Data

Objek penelitian adalah 190 orang konsumen ITC Fatmawati yang menggunakan telepon genggam CDMA dan GSM yang didapat dari hasil survei menggunakan kuesioner yang dirancang dengan skala Likert.

  • Tahapan penelitian

Uji Khi-Kuadrat, Uji sampel bebas t, Analisis korelasi, dan analisis Anova atau Uji F. Dan pengolahan datanya menggunakan program SPSS versi 12.

  • Model penelitian

Matematis

Hasil dan Kesimpulan

Berdasarkan jenis kartu, sebanyak 119 orang atau 62,6% menggunakan GSM. Itu dikarenakan kualitas sinyal atau jaringan yang lebih baik dari CDMA dan tidak merasa dibatasi saat harus berkomunikasi di daerah pelosok. Sedangkan 32 orang atau 16,8% menggunakan CDMA dengan keunggulan tarif talk time yang murah. Untuk kartu GSM yang menjadi favorit adalah Telkomsel sedangkan CDMA yang menjadi favorit adalah Esia. Hasil analisis menunjukkan pada lama penggunaan telepon per bulan, frekuensi penerimaan telepon per hari, dan pengeluaran pulsa antara laki-laki dan perempuan tidak ada perbedaan yang signifikan. Namun, lama penggunaan telepon per bulan, frekuensi penerimaan telepon per hari bagi yang belum menikah dan sudah menikah memiliki perbedaan yang signifikan. Sedangkan pengeluaran pulsa antara yang sudah menikah dan belum tidak terdapat perbedaan yang signifikan.

Saran dan usulan lanjutan

Penelitian ini terbatas hanya untuk menganalisis hubungan antara karakter individu dengan pemilihan operator. Lebih jauh dapat ditentukan karakteristik yang paling dominan dalam pemilihan operator. Penelitian lanjutan dapat dilakukan dengan mempertimbangkan semua indikator bebas menjadi satu variabel.