REVIEW JURNAL 2

Tema / Topik

Perilaku Konsumen

Judul, Pengarang, Tahun

FAKTOR YANG MEMPERTIMBANGKAN NASABAH PADA SAAT MEMILIH BTN SYARIAH dibuat oleh Sara Nurmanita dan  Toto Sugiharto pada tahun 2004

Latar Belakang & Masalah

Bank sudah menjadi tempat yang sangat umum bagi masyarakat. Bisa dibilang segala macam kegiatan yang berhubungan dengan ekonomi dan financial pasti melibatkan bank.

Di Indonesia terdapat dua macam bank jika dilihat dari basis operasionalnya. Yaitu bank konvensional  dengan basis ekonomi sekuler dan bank syariah dengan penerapan prinsip ekonomi syariah islam. Dekade terakhir ini dunia perbankan syariah di Indonesia tumbuh subur dan berkembang pesat. Hampir semua bank yang awalnya bank konvensional kini juga mempunyai lini syariahnya. Masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim pun juga sudah banyak yang beralih ke bank syariah. Ini dikarenakan dalam prinsip ekonomi syariah islam dilarang keras dan haram hukumnya penetapan bunga. Selain itu, keberadaan bank syariah diakui karena telah terbukti bahwa bank dengan prinsip syariah yang mampu bertahan dari terpaan krisis moneter

Tujuan Penelitian

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor yang dipertimbangkan nasabah saat memilih BTN Syariah.

Metodologi Penelitian

  • Variabel

Nasabah BTN Syariah kantor cabang Harmoni

  • Data

Pengumpulan data dilakukan selama dua minggu penuh pada jam kerja di kantor cabang syariah Harmoni dan data didapat dengan menyebarkan kuesioner langsung dengan pertanyaan berstruktur.

  • Tahapan penelitian

Analisis statistik deskripsi, analisis reliabilitas dan validitas, analisis faktor dan pengolahan data menggunakan program SPSS versi 12.

  • Model penelitian

Matematis

Hasil dan Kesimpulan

Mayoritas nasabah BTN Syariah adalah pria 58 orang dan sisanya wanita 22 orang, dengan pekerjaan rata-rata pendidikan terakhir S1 dan bekerja sebagai pegawai BUMN dan sebagian besar beragama islam. Setelah berbagai macam data diambil dan dianalisis, didapat hasil bahwa faktor yang mempertimbangkan nasabah dalam memilih BTN Syariah ternyata bukan faktor yang berkaitan dengan hukum ekonomi syariah islam, melainkan faktor pelayanan dan keamanan, faktor kualitas manajemen syariah, faktor produk serta fasilitas dan faktor eksternal seperti dorongan keluarga atau teman.

Saran dan usulan lanjutan

Penelitian ini hanya terbatas pada nasabah BTN Syariah. Sehingga tidak dapat dijadikan gambaran umum faktor nasabah memilih bank syariah. Karena tiap nasabah bank syariah memiliki alasan tersendiri. Penelitian lanjutan dapat dilakukan untuk meneliti faktor kenapa nasabah memilih bank dengan prinsip syariah secara umum. Selain itu, dalam penelitian lanjutan diharapkan dapat menentukan faktor nasabah yang paling dominan dalam pemilihan BTN Syariah atau bank syariah lain.