Pasal 28C

  1. “Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapat pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya, demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia”
  2. “Setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa, dan negaranya.”

Pasal 28C menekankan tiap orang berhak untuk mendapatkan segala hal yang menjadi tumpuan, penunjang ataupun alat dalam meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraannya tanpa harus merugikan orang lain dan lingkungannya. Hal yang menjadi penentu tingkat kualitas kehidupan dan kesejahteraan salah satunya adalah tingkat pendidikan. Melalui pendidikan seseorang dapat mendapatkan ilmu pengetahuan dan segala hal yang dapat membantunya meningkatkan kualitas hidupnya. Memperoleh pendidikan yang layak merupakan hak tiap warga negara dan negara berkewajiban memberikan secara merata dan seimbang kepada tiap warganya tanpa terkecuali.

Namun, apakah saat ini negara sudah memberikan pendidikan yang layak dan berkualitas kepada tiap warganya? Pendidikan berkualitas yang merupakan hal yang penting bagi masyarakat makin sulit dijangkau oleh masyarakat menengah ke bawah. Itu yang terjadi di daerah perkotaan. Sedangkan di daerah pelosok, permasalahan yang terjadi sering kali kurangnya tenaga pendidikan dan fasilitas pendidikan.

Hal yang sama juga berlaku bagi kesehatan. Kesehatan yang juga termasuk instrumen kemajuan bangsa dan masyarakat mengalami permasalahan yang sama dengan yang dialami bidang pendidikan. Dengan tingkat kesehatan yang baik, masyarakat dapat berusaha secar maksimal untuk memajukan dirinya tanpa terganggu. Begitu juga dengan pendidikan. Pendidikan optimal yang diterima oleh masyarakat akan semakin menambah wawasan dan ilmu pengetahuan masyarakat sehingga wawasan tersebut dapat digunakan untuk meraih pekerjaan yang layak. Mendapat pekerjaan yang layak juga merupakan hak asasi yang tercantum dalam pasal 28D ayat 2. Dan dengan pekerjaan yang layak, masyarakat dapat memperoleh pendapatan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan dasarnya. Seperti sandang, sangan, papan.

Jika sudah seperti itu, seluruh masyarakat Indonesia sudah mempunyai pekerjaan yang layak dan pendapatan yang pantas, berarti juga bangsa dan negara akan semakin makmur dan maju. Berarti juga tingkat kriminalitas yang mayoritas dilatarbelakangi oleh alasan ekonomi juga dapat semakin ditekan. Dan kemajuan serta martabat bangsa Indonesia juga akan semakin meningkat. Mungkin saat ini kita hanya bisa berharap pemerintah dapat dan sesegera mungkin mengeluarkan kebijakan yang dapat mengakomodir dan mendukung pengimplementasian pasal 28C UUD 1945 dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.